Ngobrol Bareng Shun Nakamura, Produser Samba de Amigo: Party Central
Tetap pada intinya: have fun!
Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Kami berkesempatan ngobrol langsung sama Shun Nakamura, produser Samba de Amigo: Party Central! Seperti apa pendapatnya sebagai tokoh di balik IP legendaris ini? Temukan di sini!
1. Terinspirasi TikTok!
Q: Berapa banyak anggota dari pengembang asli Samba de Amigo dari era Dreamcast yang secara aktif terlibat dalam pengembangan edisi ini?
A: Saat ini ada tiga anggota asli termasuk saya (Nakamura). Di antara sisanya tim, ada juga orang-orang yang berpengalaman dalam judul-judul Samba sebelumnya. Meskipun begitu, ada juga orang-orang yang sepenuhnya baru mengenal Samba untuk diajar dan terbiasa dengan IP Samba dari awal, jadi mulanya ada sedikit rintangan namun dapat dilalui seiring waktu.
Q: Kami melihat beberapa elemen di dalam Samba de Amigo: Party Central terinspirasi dari TIkTok. Kenapa TikTok, dan sebesar apa pengaruh media sosial dalam Samba de Amigo?
A: Mengenai karya TikTok, ia merefleksikan bagaimana kami menginginkan para pengguna untuk dapat berfokus pada audio dan lagu yang tersedia di dalam game ketimbang mendapatkan clear 100% seperti rhythm game umumnya.
Seperti yang kamu lihat dalam TikTok, orang-orang akan menghabiskan waktu lebih banyak dalam personalisasi, dan memberikan reaksi mereka sendiri dalam berbagai suara dalam platform tersebut. Sehingga, ia menjadi inspirasi kami dalam menggunakannya sebagai dasarnya.
Sebagai tambahan, ada banyak ide 'iseng'-nya dan baka tanoshii-nya yang bisa kamu lihat di TikTok juga. Dan kamu juga bisa memutarnya dan membuatnya menjadi versimu sendiri atau bila kamu ingin bersenang-senang. Bila kamu tipenya perfeksionis dan mengejar skor tinggi itu, kamu juga bisa mencapainya dalam Samba de Amigo: Party Central.
Hal lagi yang membuat media sosial menjadi inspirasi kami, yaitu kami merasa kamu bisa mendapatkan pengalaman Samba de Amigo seratus persen dari menonton trailernya saja atau melihat game-nya dari perspektif orang luar. Kami berharap orang-orang akan membawanya ke media sosial, menggunakan suaranya, atau elemen-elemen lainnya di dalam game untuk disebarkan ke teman-teman, seperti momen viral media sosial, dan dari sana kami percaya kamu akan mendapatkan pengalaman penuh dari Samba de Amigo yang kami harapkan.
2. Tantangan terbesar membuatnya!
Q: Bagaimana lagu-lagunya dipilih untuk track list-nya?
A: Saat membuat versi asli dan yang sudah rilis sebelumnya, kami belum terlalu yakin kalau ia akan populer di luar Jepang. Kami memilih lagu pada saat itu yang terdengar menyenangkan, tapi tidak yang seratus persen terbiasa kamu dengarkan sebelumnya.
Pada waktu saat ini, Samba de Amigo telah hadir selama lebih dari 20 tahun dan kami telah mencapai titik di mana semuanya di dunia dapat menikmatinya, jadi kami menanyakan kepada diri kami sendiri lagu-lagu apa yang dapat dinikmati penggemar seantero dunia, dan menggeser sedikit dari lagu-lagu yang biasanya kami tujukan spesifik ke penggemar Jepang, dan mendapatkan lebih banyak variasi dalam pilihan lagunya dalam game.
Jadi di dalam pengembangan dan pilihan lagu, kami juga mempertimbangkannya bersama tim luar negeri dan juga staf asing yang ada di sini untuk melihat lagu apa yang paling cocok.
Jadi perannya staf luar negeri dan saran yang kami terima untuk melihat keseimbangan lagu-lagunya, dan melihat bagaimana para penggunanya akan merespon ke lagunya, namun dari sisi pengembangan kami melihat elemen-elemen baka tanoshii atau elemen lucu dan serunya yang pas buat IP Samba de Amigo.
Jadi ketika kami menyaring lagu-lagu yang disediakan kepada kami, kami menyadari lagu-lagunya rata-rata sangat catchy dan aktif, namun kalau kami belum terlalu yakin ia cukup kuat untuk Samba de Amigo dalam hal repetitif maupun sisi game IP ini.
Salah satu pertimbangan kami kalau lagu-lagu ini cocok untuk IP-nya adalah ketika dalam pengembangan, kami harus menyetop lagunya di beberapa titik untuk menciptakan gimmick dan menambah fitur game-nya, jadi dalam hal beberapa lagu yang bertempo tinggi agak sulit untuk ditambah.
Q: Apa tantangan terbesar di dalam mengembangkan Samba de Amigo: Party Central?
A: Salah satu tantangan terbesar dalam prosesnya adalah ketika masih dalam versi draf kasarnya, ada banyak input yang datang dalam pengembangan game ini.
Dengan tambahan banyak orang yang ingin memberikan input, ada banyak juga dorongan untuk membuatnya menjadi "game rhythm sejati" yang berfokus pada not dan faktor kekerenan dalam game-nya, yang sebagai orang yang sudah menghabiskan banyak waktu untuk IP ini, kami ingin sekali untuk mendekatkannya murni ke arah kesenangan dalam menikmati suaranya dan musiknya, sembari bergerak dengan marakas, jadi agak sulit untuk mendorongnya dan menjaganya tetap menjadi fokus utama.
Baca Juga: Samba de Amigo: Party Central Telah Rilis untuk Nintendo Switch
3. Yang utama serunya!
Q: Dari perspektif tim pengembangnya, apa saja kekuatan Samba de Amigo: Party Central dibandingkan rhythm game lainnya?
A: Kami merasakan game-nya lebih mengingatkan kami pada pengalaman berkaraoke bersama teman, dan menurutku ini adalah kekuatan Samba de Amigo: Party Central.
Kunci lainnya dalam game ini adalah banyak dari kita yang terperangkap di rumah saat pandemi, walaupun sedikit tapi Samba de Amigo: Party Central dapat bisa menjadi latihan yang membantu kamu, kalau bermain keras di Crazy Mode kamu akan agak kelelahan. Jika begitu perspektifmu dalam bermain game-nya, itu juga merupakan keunggulan yang kami tawarkan lewat Samba de Amigo.
Q: Sebelumnya telah diumumkan bahwa Samba de Amigo: Party Central akan memiliki SEGA MUSIC DLC PACK dan SONIC MUSIC DLC PACK. Apakah ada petunjuk game Sega lainnya yang akan difitur lagunya di dalam Samba de Amigo: Party Central?
A: Berhubungan dengan konten DLC, kami melihat pada judul-judul populer di barat. Jadi ketika mengobrol tentang judul-judul yang bakal tersedia sebagai DLC, kami juga melihat fakta bahwa banyak pengguna juga memiliki preferensi berbeda dengan lagu seperti apa yang membuat mereka berdansa, yang mereka gemari, jadi kami mencoba untuk memperluas genre-genre yang kami sediakan untuk penggemar yang lebih luas.
Salah satu dari daftar DLC di SEGA MUSIC DLC kami juga tambahkan karena banyak orang yang memiliki pengalaman mendengarkan lagu-lagu kami dari judul lain, dan ketika kamu mendengarkan lagu yang kamu lebih pahami, kamu semakin bersemangat, kamu akan lebih ingin bersenang-senang dengan promp dan not yang muncul di layar. Itu juga sebab kami menambahkannya.
Dan dimulai dari sini, kami tidak hanya mencari seperti apa lagu yang digemari di region-region lain, namun juga memahami lagu-lagu seperti apa yang sedang trending di region tersebut. Misalnya Jepang, kami ingin melihat lagu seperti apa yang populer di sini, di Asia kami ingin melihat seperti apa yang didengarkan orang-orang di tahun-tahun belakangan ini, dan mengajak mereka untuk ikut main game-nya kalau mungkin. Ini bukan konfirmasi langsung, tapi kami pasti mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak keseruan melalui pilihan lagu kami di DLC-nya juga.
Sebagai tambahan lagu yang populer di dunia, kami juga mempertimbangkan lagu Sega apa lagi yang akan cocok, atau yang akan dinantikan orang di Samba de Amigo: Party Central. Jadi, contohnya jika kamu memiliki lagu-lagu favorit dari judul lawas Sega misalkan Space Channel 5 maupun lagu-lagu Sonic yang belum masuk, sampaikan sebagai feedback yang sedang kami terima seiring waktu, lalu meresponnya sebaik yang kami bisa.
Pesan dari Nakamura:
Seperti yang telah disebutkan sepanjang wawancara, pengalaman Samba de Amigo adalah rhythm game dan Party Central juga merupakan party game. Melalui Samba de Amigo kami berharap untuk menciptakan komunikasi dan membuat bersosialisasi menjadi semakin menyenangkan baik dalam game maupun kehidupan nyata. Dan kami harap, kamu dapat menggunakan Samba de Amigo: Party Central sebagai cara untuk menikmati waktu bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman.
Sebagai tambahan, contohnya ketika kamu melihat game-nya tidak langsung dapat dipahami, jadi ketika kamu berkesempatan untuk membeli game-nya dan memainkannya dan mendapatkan pengalaman seru bersama keluarga dan teman-teman, kami mendukungmu untuk membagikannya baik lewat video pendek di TIkTok atau pos media sosial, dan membagikan kabar bahwa kamu mendapatkan pengalaman yang baik di Samba de Amigo: Party Central.
Apa pendapatmu tentang hadirnya Shun Nakamura di dalam produksi Samba de Amigo: Party Central? Bagikan melalui kolom komentar!
Baca Juga: Samba de Amigo: Party Central Buka DLC Musik dan Kostum Spesial!