Kami Ngobrol Bareng Kreator Civilization VII Tentang Sistem Baru!

Kok gak ada Builder?

474198179_10227589682269115_384920631873944233_n.jpg

Kami berkesempatan ngobrol bareng Dennis Shirk dan Edward Zhang, Executive Producer dan Senior Game Designer Firaxis Games tentang Civilization VII! Seperti apa kata mereka tentang sistem barunya? Cek di sini!

1. Banyak hal baru oke gak sih?

473621001_10227589694149412_6832977858937654458_n.jpg

Q:  Membawa hal-hal baru di dalamnya, apakah Civ VII akan kurang kompleks dibanding judul sebelumnya? 

Edward: Itu tujuan yang menjadi pilar desain yang kami anut, bahwa kami harus membuat game-nya kurang kompleks dan menjadi lebih dalam, kami menarik banyak sisi micromanagement. Jadi harapannya jadi lebih mudah untuk diperkenalkan ke pemain baru.

Lalu kami juga membuat Age sebagai elemen penting, jadi kamu tinggal berfokus pada satu Age setiap waktu, dan tidak harus belajar seluruh game-nya sekaligus, kan? Kamu cukup mengerjakan dan mengkhawatirkan satu Age dulu, yang juga akan membantu banyak pemain. Aku pribadi suka menggali Civilopedia, panduan yang beneran mengajarkanmu tentang banyak hal yang belum diajarkan game-nya, karena tinggal kamu klik kamu dapat memantau semua konsepnya dan menurutku hal tersebut juga jadi sesuatu yang bisa ditambah di sana.

Dennis: Kami juga menambahkan beberapa bantuan di sepanjang awal game-nya. Apakah akmu sudah bermain sampai mendapatkan advisor pertama yang bisa kamu pilih? itu salah satu contoh dari panduan tersebut. Jadi kalau kamu pemain Culture, kamu akan mencari cara jangka panjang dalam mencapai Culture Victory. Kamu bisa menggunakan Legacy Paths ketika kamu memainkan game ini untuk mencapai titik-titik pencapaian kecilnya.

Jadi, kemenangan Culture jauhnya kamu akan diminta membangun tujuh Wonder, namun pertama muncul kamu hanya diminta membangun satu, jadi hal pertama yang bisa kamu lakukan tinggal bangun satu Wonder. Lalu, kalau kamu mencapainya, Advisor tadi akan update dan bilang, bangun dua lagi. Jadi, gunanya untuk membantu para pemain melalui game-nya dan menempatkanmu ke jalan kemenangan.

Q: Jadi, seperti Quest?

Dennis: Benar, dan ia akan menolong untuk membawamu menang di masa depan. Jadi kami harap setiap sistem ini akan membawamu berjalan berbarengan dengan waktumu bermain di dalam game. Kamu bisa mengabaikannya dan bermain sesuai selera dan kamu tidak akan kalah kecuali diserbu atau orang lain mendapatkan Victory. Tapi kalau kamu mengikutinya, pengalaman bermainmu akan jauh lebih kaya.

2. Pengaruh Emergent Narrative!

474176593_10227589683229139_5907197547844787843_n.jpg

Q: Apakah Emergent Narrative bakal menambah acaknya Yield dan Buff atau justru mengurangi sisi acaknya?

Dennis: Jadi gameplay-nya akan jadi jauh lebih lurus. Potongan-potongan naratifnya akan memiliki pilihannya sendiri, jadi ia tidak akan memiliki dampak besar ke yield kamu, namun kamu akan dapat memilih hadiah seperti apa yang akan kamu peroleh.

Kalau kamu ingat Goody Hut di Civ VI, kamu akan menemukan hal yang mirip. Kamu mungkin bertemu ruins dan semacamnya, dan setiap dari mereka akan memberikanmu sedikit kisah tentang apa yang terjadi di alam liar, dan pilihan yang bisa kamu ambil hasilnya akan beragam. Kamu bisa mendapat yield, kamu bisa mendapatkan Migrant yang bisa kamu bawa gabung ke kotamu, tapi ia hanya printilan dari cerita yang ditambahkan ke dalam game untuk memperkaya duniamu.

Ada juga kejadian naratif yang terhubung dengan pemimpin dan peradabanmu. Jadi, tergantung siapa yang kamu mainkan, kamu akan mendapatkan kisah-kisah kecil yang terikat dengan peradaban atau pemimpinmu ketika kamu melakukan hal-hal yang nyambung dengan karakteristik dari siapa yang kamu mainkan, misal untuk Mesir di build pertama Medjay, unit unik mereka, kamu akan mendapatkan kisah kecil tentang Medjay, kamu harus bangun mereka lebih banyak dan menguasai daerah independen lokal. Dan kalau kamu turuti, kamu mendapatkan hadiah untuk itu.

Kamu bisa memilh dan mendapatkan trade-off dari misi sampingan yang menarik, jadi mainnya bukan cuma kamu berjelajah dan menghadapi peradaban lain di peta. Gunanya untuk memberikanmu kekayaan baru untuk tetap bermain peran yang semakin menarik di dalam hal-hal yang terjadi di dunia tersebut.

3. Great People vs Commander!

474177724_10227589683669150_575518813398814797_n.jpg

Q: Apa yang membedakan Commander di game ini sama Great People (Cth: Great Generals dan Great Admirals)?

Dennis: Jadi Army Commanders adalah unit yang bisa langsung kamu bangun, jadi ketika kamu membuat salah satunya, mereka saja yang bisa naik pangkat. Sekarang, EXP datang dari setiap unit di sekitar Army Commander akan diserap Army Commander. Kemudian, kamu akan dapat menambahkan buff yang akan menempel ke setiap unit di bawah pengaruhnya.

Hal menarik tentang Army Commander juga adalah kamu bisa menggabungkan unit di sekitar bareng-bareng jadi unit satu tile, dan memboyongnya dengan cepat menyusuri peta dan deploy di mana kamu butuh mereka untuk bertempur. Dan selagi Commander tersebut masih di sana dan hidup, ia akan memberikan manfaat promosi tersebut ke semua unitnya. Hal lain yang menarik dari Army Commander itu kalau kamu membawa bala bantuan dari kota, kalau di VI, kamu harus bawa mereka dari sana. Sekarang, kamu cukup deploy ke dia dan langsung otomatis jalan. Jadi, kami mengurangi banyak sisi micromanagement-nya.

Baca Juga: Opening Sinematik Sid Meier’s Civilization VII Tayang Perdana!

4. Gak ada Builder?

474074836_10227589694869430_849581449130259494_n.jpg

Q: Selagi Dev Diaries-nya membicarakan tentang keuntungan menghapus Builder, apa konsekuensinya dalam mencabut mereka dari gameplay?

Edward: Menurutku trade-off-nya akan menjadi banyak pemain yang justru lebih suka banyak micromanagement. Mereka suka dengan memperlebar unit-unitnya, jadi kami menawarkan pilihan tersebut juga seiring waktu, jadi di satu sisi kamu bisa melakukan upgrade dari Town ke City sekarang.

Satu dari pemangkasan micromanagement-nya adalah kami punya Town, dan mereka seperti City tapi autopilot, namun seiring jalan juga ketika kamu memiliki Gold yang cukup kamu juga bisa mengubah semuanya menjadi City, jadi bila kamu mau mengelola 20 City dan klik semuanya kamu tetap bisa melakukannya, kan? Jadi, kami tetap menawarkan banyak opsi kembali ke dirimu, bila kamu ingin menjadi pemain yang condong micro.

Kamu akan melihat ketika kamu bermain dengan aturan baru game-nya, tidak masuk akal jadinya untuk memiliki Builder. Semuanya menempel, dan mereka harus terhubung dengan pusatnya. Jadi ketika kamu membuat pilihan untuk di mana kamu berkembang, menaruh Builder ke satu titik, pakai satu charge buat perkembangan tile dan melakukannya lagi versus "Tidak, aku sudah punya populasinya, aku tinggal arahkan," dan perkembangannya langsung otomatis dibangun. Faktor ini mengambil kekuatiran untuk hal-hal ekstra tersebut untuk hasil gameplay yang sama.

Dennis: Jadi, aku pribadi kurang suka untuk mengelola banyak City karena aku tipenya Builder dan bermain Tall (Sedikit kota, banyak improvement), dan aku suka punya dua atau tiga kota yang tangguh, lalu support-ku di sini adalah lebih condong ke Town.

Kamu tidak bisa produksi di Town, tapi bisa belanja di sana, terus bisa kamu Focus. Jadi kalau kamu mau mereka cuma memproduksi Food biar mereka kirim ke City untuk bertumbuh, tentu saja bisa kamu tentukan mereka cuma jadi pompa Food untuk City-mu. Lalu bila aku diserbu, aku tinggal pergi ke Town dengan Gold yang berlimpah dan cukup beli unit di Town tersebut dan menghemat waktu untuk sisi micro. 

Apa pendapatmu tentang Civilization VII yang akan segera hadir? Sampaikan lewat kolom komentar!

Baca Juga: Preview Sid Meier's: Civilization VII, Apa Saja yang Beda?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU