Game Narrative Designer Metronomik Mengungkap Peran Cerita dalam Game!

Langsung dari ahlinya!

Press Start

Tanggung jawab seorang game Narrative Designer tidak kalah besar di dalam pengembangan game, bahkan dari awal, lho! Ingin tahu bagaimana perannya dari sudut pandang seorang desainer naratif? Intip dulu di sini!

1. Obrolan bersama seorang Narrative Designer!

https://www.youtube.com/embed/RWfIX4wydOY

Dalam episode ke-10 musim kedua acara PRESS START, Wakil Presiden Asosiasi Game Indonesia Adam Ardisasmita ngobrol bareng Lydia Ho, Narrative Designer and Writer Metronomik dari Malaysia!

Obrolan dalam podcast kali ini berkisar pada kehidupannya menekuni teknik dalam mendesain narasi untuk game dan bagaimana cara menyeimbangkan gameplay dan penulisan!

2. Awal langkah ke dunia game!

https://www.youtube.com/embed/DhzLICrgIQY

"Sebelumnya kami belum memiliki kelas pengembangan game," cerita Lydia saat ia memulai studinya dalam bidang Multimedia, "namun kami cukup beruntung untuk memiliki satu kelas dengan topik itu selama dua semester (game design) dan hal itu benar-benar membuka mataku tentang game sebagai media yang lebih dari sekadar stereotipikal "game sebagai hobi, bukan karir", dan mengalami proses seperti menganalisa game, menciptakan game, jadi sepanjang proses itu membuka mataku."

"Di tengah pekerjaan pertamaku, seorang teman mendekatiku dan berkata 'di Malaysia ada semacam kesempatan pitching, jadi apakah kamu mau mengajukan sebuah game?" ceritanya lagi tentang awalnya terjun ke dalam dunia game melalui era flash browser game!

Baca Juga: Ini Dia 10 Game yang Paling Dibicarakan di Twitter 2021!

3. Tentang penggalian ide!

https://www.youtube.com/embed/VPHVOSyUObw

"Menurutku di saat para programmer mengerjakan mekanisme game-nya, dan para seniman juga mempertimbangkan interface dan sejenisnya, saya akan melakukan banyak riset lebih dulu jadi saya akan melihat-lihat lebih banyak game dan saya akan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki gameplay kami dan melihat kesamaannya dengan yang lain," cerita Lydia yang juga terlibat dalam No Straight Roads, Postknight, dan seri The King’s League.

Selain pendekatan pada ide-ide game-nya, soal membangun karakter-karakter yang unik, Lydia juga menjelaskan bahwa sebagai bagian studio independen, "semua diskusi ini (ide-ide yang dibagikan dari berbagai departemen) yang kami perlahan-lahan bangun dunia yang lebih solid, lalu ia kembali lagi kepadaku untuk sebagian besar dikupas lebih dalam lagi dialogn dan karakternya dan apa yang terjadi di setiap level berdasarkan gameplay-nya."

Apa pendapatmu sendiri tentang peran seorang game Narrative Designer? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: Sinopsis Squid Game, Acara Berhadiah Jutaan Dengan Nyawa Taruhannya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU